Rabu, 15 Mei 2013


Pemilik kendaraan bermotor terutama mobil pastinya pernah mengalami masalah dengan mesin kendaraannya, yang sering tidak diperhatikan adalah gejala kerusakan mesin biasanya bisa dilihat dari kenalpot jika mesin dinyalakan. Sering pula sebuah kenalpot dimodifikasi agar meningkatkan performa atau sekedar untuk membuat suara kenalpot menjadi lebih besar atau berisik.

Kenalpot chamber adalah salah satunya, kenalpot yang sengaja dimodifikasi agar menimbulkan suara yang lebih berisik ini banyak diminati, dengan membersihkan bagian dalam kenalpot dan kemudian mengganti saringan dengan buatan sendiri yang tentu saja dilakukan pemotongan yang mengakibatkan dikenalpot terdapat bekas sambungan.

Sering juga kenalpot header diganti untuk meningkatkan performa mesin, jika penggantian header mampu meningkatkan performa tanpa harus mengubah blok mesin, maka alternatif inilah yang dijadikan pilihan untuk mendapatkan tenaga ektra tanpa harus merombak mesin. Header sendiri memiliki beberapa bentuk, tergantung dari minat pemasang sendiri.

Permasalah pada kenalpot chamber dan header hampir sama yaitu sering keluarnya asap putih pada kenalpot. Kenalpot motor keluar asap putih ini biasanya terjadi karena gangguan pada mesin. Segeralah lakukan perbaikan apabila itu terjadi dan pastikanlah tidak terjadi kebocoran pada oli. Biasanya selain terjadi gangguan pada mesin, kebocoran pada oli juga dapat menimbulkan permasalahan keluarnya asap putih pada kenalpot. Sedangkan jika kenalpot keluar asap putih di pagi hari bisa jadi hanya karena embun yang mengendap di kenalpot dan kemudian terbakar karena panas kenalpot.

Untuk memastikan bahwa asap putih yang muncul adalah air atau oli yang terbakar bisa dilakukan pengetesan menggunakan cermin atau kaca, uap air akan meninggalkan bekas embun di kaca sedangkan oli susah untuk menempel di kaca, secara kasat mata uap air akan lebih cepat berbaur dengan udara dibandingkan dengan uap oli yang cenderung berwarna lebih gelap.

Memodifikasi kenalpot untuk mendapatkan tenaga ekstra sering dilakukan pemilik kendaraan bermotor, tapi jangan salah jika terjadi kesalahan pemasangan, bukannya tenaga tambahan yang didapat bisa jadi kendaraan malah tidak mau lari. Jika menginginkan suara yang tidak berisik, silakan ganti header tanpa mengganti kenalpotnya atau ganti pipa kenalpotnya tetapi tetap menggunakan peredam, tapi jika memang menginginkan suara yang berisik silakan ganti header dan juga kenalpotnya.

0 komentar:

Popular Posts

Text

Blogroll 2