Kamis, 25 April 2013


Memilih oli mobil dalam perawatan mobil – Oli mobil merupakan komponen penting dalam perawatan mobil, karena oli mobil ini banyak manfaatnya untuk mobil khususnya mesin mobil dan secara otomatis mobil dapat memiliki performa yang bagus saat dikendarai. Saat ini banyak merk oli mobil yang beredar di pasaran dengan spesifikasi dan harga yang berbeda. Semakin bagus kualitas oli mobil yang digunakan, maka ini akan membuat proses perawatan mobil Anda makin lebih baik. Semakin banyak merk oli mobil, ini akan membingungkan konsumen yang minim pengetahuan oli yang bagus untuk perawatan mobil Anda bahkan konsumen yang tidak mengetahui oli mobil yang bagus untuk memilih.

Banyak konsumen yang beranggapan bahwa oli mobil yang mempunyai harga yang mahal dapat menjamin mesin mobil Anda akan terawat dengan baik dalam proses perawatan mobil Anda. Padahal belum tentu oli yang mahal itu cocok digunakan pada mobil Anda. Berikut ini ada tips mudah yang harus dalam memilih oli mobil yang cocok dengan mesin mobil Anda. Tips tersebut antara lain :

Perhatikan spesifikasi mesin kendaraan. Setiap kendaraan pasti memiliki buku manual yang menyebutkan teknologi mesin dan spesifikasi oli yang cocok. Tak peduli merk, asal spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan mesin mobil, oli mobil tersebut pasti akan cocok.

Perhatikan kode API (American Petroleum Institute). Untuk mobil keluaran baru dengan teknologi baru, API SM lebih cocok digunakan karena memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang baik. Sementara untuk mobil produksi 2004 ke bawah, sebaiknya menggunakan oli berkode SL. Mobil keluaran 2001 ke bawah cocok dengan kode SJ.

Tingkat kekentalan oli. Mobil terbaru yang menggunakan mesin VVT, VVTi, dan sejenisnya, sebaiknya menggunakan oli dengan kekentalan 10/40 atau 5/30. Mobil tersebut kurang cocok dengan oli 20/50 atau lebih kental.

Oli synthetic sangat disarankan untuk mesin berteknologi terbaru (turbo, supercharger, DOHC, dan lainnya). Oli memberi pelumasan lebih baik karena dapat memasuki celah antar logam yang sempit sehingga melindungi lebih sempurna.

Minta rekomendasi merk dan jenis oli mobil dari montir bengkel mobil. Ini dilakukan untuk mencegah kesalahan dalam memilih oli mobil. Kenapa demikian? ini karena montir bengkel biasanya sudah lebih paham untuk memilih oli mesin mobil yang cocok untuk mobil Anda.

Demikian artikel penting dalam memilih oli mobil dalam perawatan mobil Anda, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Popular Posts

Text

Blogroll 2